Jumat, 25 Januari 2019

9 Elemen Pemasaran Produk Perusahaan




1.       Segmentasi  :  membagi pasar keberapa segmen berdasarkan  umur , penghasilan, wilayah, penghasilan, perilaku (behavior), gaya hidup
2.       Targeting  :  tergantung ukuran besarnya pasar, pertumbuhan cukup bagus, tingkat persaingan belum cukup tinggi, perusahaan punya kemampuan melayani segmen
3.       Positioning : memosisikan( merupakan janji dari) produk  perusahaan kepada  pelanggan dari target pasar (misal  : kijang/avanza/xenia mobil keluarga indonesia lux sabun kecantikan para bintang, clear ketombe ....siapa takut), extrajoss biangnya minuman berenergi, lifebuoy sabun kesehatan,
4.       Diferensiasi : upaya untuk membedakan diri dengan pesaing (bergantung pada apa yg ditawarkan, cara kita menawarkan, faktor pendukung yg tersedia), misal  :  extra joss ( ini biangnya, buat apa beli botolnya), obat batuk komix (disobek langsung glek), oreo  (diputar dijilat dicelupin), rinso dengan banyak varian, pepsodent dengan banyak varian   
5.       Marketing Mix (product, price, place (saluran distribusi), promotion) :  mengintegrasikan tawaran perusahaan atas 4 P , untuk menciptakan suatu kekuatan dipasar (contoh produk unilever : pepsodent, rinso, lifebuoy)
6.       Selling :  dengan personal selling menjual produk kepada pelanggan dan menciptakan hubungan jangka panjang.
7.       Brand/merek : dikembangkan/terbentuk  dengan 6 tahapan di atas, yang akan mencerminkan “nilai” yang diberikan perusahaan pada pelanggan
8.       Service  :  berupa layanan prajual, selama jual, purna jual untuk memelihara pelanggan
9.       Proses  :  menunjukan bagaimana proses bisnis di dalam perusaaan dijalankan dengan kualitas tinggi, dengan harga serendah mungkin, dengan waktu penyampaian secepat mungkin (quality, cost, delivery)
Sumber  :  Positioning, Differensiasi, and Brand - MarkPlus and Co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar